Artis yang caleg, Caleg yang artis

Gregetan plus miris saat membaca berita mengenai pendaftaran caleg oleh para partai peserta pemilu. Berbondong-bondong para artis diminta (atau meminta) untuk menjadi caleg.  Isi infotainment bukan melulu berisi kawin cerai lagi, tapi sebagai wadah promosi bagi “artis yang caleg” untuk menyampaikan visi dan misinya. Sekali dayung, sepuluh pulau terlampaui. Infotainment dapat berita, artis punya sarana, partai dapat nama. Mudah dan murah. Namun hati ini jadi bertanya-tanya, ada apa dibalik semua itu? Sudah pasti, memanfaatkan keartisan sebagai vote getter, kata Mbak Marisa.. Tapi para pembesar partai bilang, “Oh, kami sudah seleksi secara ketat artis-artis yang akan jadi caleg kami..” (meski pengalamannya cuma pengurus OSIS waktu SMA dulu!!). Kalau para artis itu memang tulus untuk berjuang dan mengabdi pada negara, empat jempol buat mereka. Tapi kalo cuma sekedar untuk mendongkrak popularitas dia dan partainya, cuma seujung kuku yg bisa diberikan.. Apa iya sih penghasilan sebagai artis sudah tidak mencukupi, sehingga perlu beralih menjadi anggota dewan? Apa mereka mau sepenuhnya menjalani fungsi legislatif dan meninggalkan dunia keartisan? Apa partai sudah ngga punya lagi kader yang capable? Tapi ya, namanya juga dunia politik. Semua boleh berpartisipasi..

One thought on “Artis yang caleg, Caleg yang artis

  1. Betul, pak. Dalam politik semuanya bisa diatur dan bisa berpartisipasi. Kompromikan saja, yang penting tujuan tercapai. He..he..
    Yang jelas, saya pesimis dengan masa depan bangsa kita, bila semakin banyak anggota dewan yang berasal dari kalangan artis. Memang, tdk semua seperti itu. Tapi, tetap saja dari 10 orang, yang bagus paling 1-2. Sisanya? Ya, itu. Mengkhawatirkan.
    Dasar pijakannya sederhana kok pak. Yaitu, berikanlah sesuatu itu kepada yang ahlinya. Sehingga, pernah kita dengar sebuah ungkapan : Tunggulah kehancuran bila sesuatu itu tidak dipegang oleh ahlinya.
    Apa, iya.. kita mau menunggu sebuah kehancuran ?
    Rasanya saya, tidak. Entah, kalau bapak?
    Wassalam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s