Senyum Idul Fitri

Idul Fitri 1430 H telah lewat. Ada senyum, ada rasa syukur, dan ada rasa sedih juga. Rasanya sebentar saja Ramadhan berlalu. Masih terasa kekurangan sana-sini. Berharap dapat bertemu dengan Ramadhan di tahun depan, meski mungkin dalam suasana yang berbeda.

Ramadhan tahun ini agak berbeda. Mungkin karena riuhnya sinyal alam dan dinamika politik melebihi kekhusukan bulan yang suci ini. Mulai dari gempa di Jakarta, istilah cicak vs buaya yang menggambarkan perseteruan KPK dan Polisi, tewasnya buronan nomor wahid Noordin M (memang) Top, sampai desas desus Perpu Plt KPK yang dianggap akan melemahkan kewenangan KPK. Bangsa ini memang masih euforia dengan politik. Tak ada seharipun berita tanpa berita politik.

Tapi ada yang berbeda juga di tahun ini. Sepanjang umur, baru sekali ini penetapan 1 Syawal berbeda dengan penanggalan kalender. Diyakini bahwa Sidang Istbat untuk penetapan 1 Syawal kemarin menjadi acara yang ditonton oleh jutaan umat muslim di Indonesia. Alhamdulillah, mudah-mudahan situasi seperti ini akan terus berlangsung. Bersama-sama memulai, bersama-sama mengakhiri, dengan rasa toleransi yang tinggi.

Fenomena facebook yang booming sejak akhir 2008 lalu, juga membuat suasana Ramadhan sedikit berbeda. Setiap orang berlomba untuk meng-update status yang berisi menu sahur, rasa lapar, mengantuk, buka bersama, tarawih, hingga khataman quran. Fungsi kartu lebaran untuk menyampaikan ucapan hari raya, tergantikan oleh sms, bbm (blackberry messanger), dan status facebook. Mungkin tahun-tahun mendatang akan ada teknologi yang berbeda..

Bagaimana pun situasinya, Ramadhan tetap berasa bedanya. Suasana damai, khusyu’ dalam ibadah, dan berkurangnya tensi emosi membawa aura syahdu dalam berkehidupan. Meski hanya sebulan, semoga tetap membekas dalam 11 bulan berikutnya. Kepada keluarga, teman, dan sahabat terkasih diucapkan Selamat Idul Fitri. Permohonan maaf diiringi senyum tulus kami haturkan. Semoga hati dilapangkan untuk memulai dari awal…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s