Lebih Lestari dengan Varietas Baru

Varietas kelapa sawit memegang peranan yang sangat penting dalam menentukan sustainability suatu usaha perkebunan. Meski dari sisi nilai biaya produksinya cukup kecil (sekitar 4-5%), namun dampaknya sangat besar dan lama sesuai dengan umur ekonomi tanaman, yakni sekitar 25 tahun. Dapat dikatakan bahwa pemilihan bahan tanaman yang baik dan benar merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan dan kelestarian usaha, di samping penerapan aspek kultur teknis yang standar. Untuk mendapatkan varietas unggul kelapa sawit, para pekebun dapat memperoleh secara langsung dari produsen benih yang telah mendapat izin resmi dari Pemerintah. Saat ini banyak varietas kelapa sawit yang ditawarkan oleh produsen benih, dengan masing-masing keunggulannya.

Sebagai salah satu produsen benih kelapa sawit resmi, Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) menyediakan ragam varietas kelapa sawit yang diharapkan mampu memenuhi kebutuhan para pekebun. Dalam tiga tahun terakhir, PPKS telah melepas 3 (tiga) varietas baru kelapa sawit, yang dinamakan DxP PPKS 540, DxP PPKS 718, dan DxP PPKS 239. Ketiga varietas ini merupakan hasil seleksi dari proses pemuliaan panjang yang dirintis sejak tahun 1986. Melalui proses pengamatan dan analisis yang mendalam terhadap ratusan persilangan yang diuji, para pemulia di PPKS telah mendapatkan beberapa persilangan yang menunjukkan keunggulan spesifik, seperti varietas dengan mesokarp yang sangat tebal (high mesocarp variety), varietas bertandan besar (big bunch variety), dan varietas dengan produksi CPO dan PKO yang tinggi (high CPO high PKO).

DxP PPKS 540 merupakan varietas kelapa sawit yang memiliki kandungan mesokarp yang sangat tinggi (high mesocarp), hingga mencapai 90%. Varietas ini berasal dari persilangan antara tetua turunan Dura Deli (PA 131 D self dan TI 221 D x GB 30 D) dengan pisifera turunan murni (pure line) SP 540 T. Tetua SP 540 T sendiri merupakan the best tenera yang dihasilkan oleh pemulia PPKS terdahulu, yang daya adaptasinya sangat luas dan memberikan tingkat produksi yang sangat tinggi. Kandungan mesokarp yang tinggi yang terdapat dalam varietas DxP PPKS 540, membuat varietas ini mampu menghasilkan rendemen minyak sebesar 27,4%, dan rata-rata produksi CPO sebesar 8,1 ton/ha/tahun. Rerata rendemen yang dihasilkan oleh perkebunan kelapa sawit saat ini berkisar pada 22-24%. Tingginya persentase mesokarp pada varietas ini diharapkan dapat memecahkan permasalahan rendemen yang menjadi faktor penting dalam pengusahaan perkebunan kelapa sawit. Sebagai informasi, pada pengusahaan perkebunan seluas 10.000 ha, melalui peningkatan rendemen sebesar 1% akan diperoleh nett revenue sebesar Rp 5 milyar/tahun.

DxP PPKS 718
Untuk pekebun yang memiliki permasalahan kapasitas panen, DxP PPKS 718 merupakan jawabannya. Varietas ini memiliki karakter bobot tandan yang besar (big bunch), 10% lebih tinggi dari rerata bobot tandan umumnya. Rerata bobot tandan varietas pada umur 6 – 9 tahun sebesar 22,8 kg/tandan, dan produksi TBS rata-rata 27 ton/ha/tahun. Seperti umumnya bahan tanaman yang memilki bobot tandan tinggi, maka jumlah tandan yang diproduksinya akan tidak terlalu banyak. Namun demikian, dengan tingginya bobot tandan maka rerata produksi TBS varietas ini jauh lebih tinggi.

DxP PPKS 239
Varietas DxP PPKS 239 merupakan varietas terbaru yang dirilis pada tahun 2010. Varietas ini memiliki keunggulan dalam produksi CPO dan PKO (palm kernel oil). DxP PPKS 239 dapat menghasilkan TBS tinggi, baik pada usia muda maupun dewasa. Didukung oleh karakter rendemen minyak yang tinggi, varietas DxP PPKS 239 menghasilkan 8,4 ton CPO/ha/tahun, dan bahkan pada percobaan mampu menghasilkan sampai 9,7 ton CPO/ha/tahun. Selain itu, varietas ini juga dapat menghasilkan PKO 0,7 – 0.9 ton/ha/tahun. Dengan mempertimbangkan tingkat produksi CPO dan PKO yang tinggi, varietas DxP PPKS 239 dapat menjadi alternatif bagi pekebun yang ingin mendapatkan total economic value yang lebih tinggi dari kedua jenis minyak tersebut.

4 thoughts on “Lebih Lestari dengan Varietas Baru

  1. Slamat malam pak..
    Kami tertarik dengan tulisan bapak.. Yang jadi pertannyaan kami, apakah kami petani kecil bisa mendapatkan bibit/ kecambah 400 pohon/ buah untuk lahan kami yang cuma seluas 2,2 ha. Berhubung kami tinggal di palembang, kami telah menanyakan ke Balit Sembawa, tapi mereka tidak punya bibit/kecambah untuk ketiga varietas di atas.
    Apakah kami bisa memesan ke PPKS Medan, dokumen apa yang harus kami siapkan.
    Di daerah palembang/ sumsel dimanakah alamat penangkar bibit sawit binaan PPKS

    • Terima kasih sebelumnya atas pertanyaannya.

      Betul, kecambah untuk varietas baru ini belum ada di Balit Sembawa, karena kami sedang mereproduksinya di PPKS. Bila, berkenan mohon dapat kontak ke Bagian Pemasaran Kecambah PPKS di 061-7862477. Kami di PPKS akan dengan senang hati melayani permohonan kecambah dari petani untuk jumlah 400 butir. Dokumen yang disiapkan adalah KTP dan surat keterangan kepemilikan lahan. Saya doakan semoga semakin sukses dengan usaha perkebunannya..

  2. assalamualaikum wr wb
    salam kenal pak
    saya ada berencana menanam kelapa sawit di atas lahan 4 ha, hanya saja lahan tersebut adalah lahan gambut..kira-kira bibit dengan varietas yang bapak tulis di atas sesuai dengan lahan gambut yang saya miliki?kedalaman gambut kurang lebih 1- 2 m (kategori gambut sedang-dalam)
    saya tertarik dengan varietas DXP 239, dilahan gambut cocok atau tidak?
    terimakasih informasinya,

  3. Selamat malam pak. Kalau saya ingin pesan kecambah dalam jumlah kecil dan lokasi saya jauh bagaimana caranya. Lokasi saya di batulicin tanah bumbu kalimantan selatan. Kalau ada waralaba terdekat mohon infonya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s