Sakit, sebuah sinyal protes

Pernah sakit? Oh tentu..
Seberapa sering? Tidak terlalu sering..
Apa yang paling tidak enak dari sebuah sakit? Saat sendirian menghadapi kesakitan..

Sakit adalah sinyal protes dari badan akibat perlakuan yang tidak teratur dan tidak seimbang. Ketidakteraturan dalam memberikan asupan, ditambah lagi ketidakseimbangan nutrisi, membuat badan terhuyung-huyung saat mendapat serangan mendadak dari virus. Untuk pertama kalinya, setelah hampir tujuh bulan berdiam di negeri orang, virus influensa kembali menyerang badan. Cuaca yang tidak menentu, makan yang tidak teratur, asupan nutrisi yang tidak seimbang, dan kurang istirahat bahu membahu dalam memperburuk kondisi badan. Masih berhaha-hihi di pagi hari, malam harinya langsung “kaputt” (ambruk). Syukurnya masih tersedia parasetamol dari Indonesia untuk sekedar berjuang melawan demam.

Memang badan ini harus dipaksa untuk beristirahat. Baru sadar bahwa saya banyak berlaku tidak fair terhadap badan sendiri. Sering memaksakan kehendak, meski badan telah meminta untuk beristirahat. Tidak pernah berolahraga (alasan klasik: sudah bersepeda tiap hari), malas bergerak, meski masih cukup rajin bersih-bersih rumah. Dokter yang memeriksa saya bertanya : Olahraganya apa? Langsung saya jawab : Keine Sport, Dok. Jadi setelah sembuh, apakah akan berolahraga? Jawabnya : Saya akan pikir-pikir dulu dan pertimbangkan masak-masak.. Dari dokter ini, saya hanya diberi satu antibiotik untuk tujuh hari. Cuma satu jenis. Untuk derita yang sama, di Indonesia biasanya saya mendapat minimal 3 jenis obat.

Saat membuat tulisan ini sebenarnya kepala masih terayun-ayun. Melihat huruf-huruf pun masih berbayang-bayang. Namun apa daya, tak kuasa hanya berdiam diri seharian. Dan ini jadi bukti bahwa saya masih tidak fair dengan badan sendiri..

Goettingen, 19 Juli 2011

Leave a Reply

