Tentang penulis

Profile resmi 

Edy Suprianto, MSc. bekerja sebagai peneliti pemuliaan di Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Medan sejak tahun 1998. Saat ini tengah menjalani program doktoral di Georg-August-Universität Göttingen dengan fokus penelitian tentang variasi genetik kandungan serat pada rapeseed (Brassica napus L.).

 

Profile non resmi

Lahir dan besar di jakarta, keturunan jawa, tetapi tidak bisa berbahasa jawa. Menjalani kehidupan dengan cara yang sangat biasa, tetapi punya keinginan yang luar biasa. Lebih dari sepuluh tahun merantau ke daratan Sumatera, meski sering juga jalan-jalan ke Jakarta. Pencinta warna oranye tanpa tahu apa penyebabnya. Kadang rajin, lebih banyak malasnya. Kadung terkena stereotype sebagai orang yang jarang marah, sehingga memang jarang marah jadinya. Bergelut dalam dunia penelitian, tetapi (sedikit) peduli dengan dunia politik dan infotainment. Internet dan gadget minded, tetapi lebih sering ketinggalan berita. Terbuka akan segala hal, berpikir solutif. Menebar sabar, menabur senyum, merajut keikhlasan.

40 thoughts on “Tentang penulis

  1. Salam kenal.

    Pak Edy apakah bisa saya berkenalan dengan bapak untuk berguru mengenai pupuk NPK yang banayak digunakan di Sumatera Utara.
    Dalam minggu depan sata ada rencana ke Medan
    terimakasih jawabannya.

    Warsono

  2. Salam kenal juga Pak Warsono,

    Terima kasih banyak sudah mampir ke blog saya. Bila bapak hendak ke Medan, silakan mampir ke PPKS Medan di Jln Brigjen Katamso No. 51 Kp Baru. Mengenai pupuk NPK, Bapak bisa “berguru” ke teman2 saya di Kelti Tanah dan Agronomi (ada Dr Sigit, Pak Suroso, dan Pak Winarna) yg akan membantu Bapak dalam mendapatkan informasi mengenai pupuk NPK secara lebih lengkap.

    Semoga Bapak sukses selalu

    Salam

  3. Tetap jaga terus pak, untuk saling berbagi-nya (sharing). Banyak kok tulisan atau artikel Bapak yang bermanfaat.
    Salam hangat dari saya di Bekasi.
    Wass.

    Keep your sharing …..

  4. yth Pak Edy

    saya petani sawit mandiri (baru merintis kebun). saya mau bertanya kepada pak Edy,
    bagaimana saya bisa mendapatkan benis unggul d x p 239 ppks, berapa harganya, apakah beli dalam jumlah sedikit juga dilayani ?

    terima kasih.
    teruslah berkarya pak Edy

    hormat saya,
    hasan
    Kalimatan barat.

    • Yth. Pak Hasan,

      Terima kasih banyak sebelumnya telah mampir ke blog ini. Salut untuk pak Hasan yang telah merintis untuk menjadi petani sawit mandiri. Mudah2an terus sukses di kemudian hari. Mengenai varietas DxP PPKS 239 yang baru dirilis, untuk saat ini belum tersedia. Kami mohon maaf sebelumnya karena masih dalam proses produksi benih. Namun demikian, ada varietas lain yang bisa Bapak gunakan, seperti varietas Simalungun, Yangambi, atau PPKS 540. Untuk wilayah Kalimantan Barat, Bapak bisa langsung ke Substasiun PPKS yang berlokasi di Parindu (dekat RSU Parindu). Bapak tidak perlu khawatir, kami dengan senang hati melayani pembelian Bapak, berapapun jumlahnya. Sedikit pun boleh, pak. Silakan Bapak langsung ke tempat kami di Parindu. Untuk pembelian di Parindu, Bapak bisa menghubungi Staf PPKS Sdr. Yabani, SP di 081264806639.

  5. Yth Pak EDI SUPRIANTO. Saya petani mandiri yang INSYA ALLAH akan mengganti kebun jeruk dan kelapa dengan tanaman SAWIT lahan yang akan saya tanami ini kuranng lebih 10 Ha, saya tertarik dengan klon 239 ppks bagai mana cara pemesanan kecambahnya, berapa jumlah kecambah yang harus dipesan, dan bagai mana proses pemesanannya. satertarik untuk waralaba bagai mana cara danprosesnyanya. nama saya Andi Rumansyah. alamat Desa Rukmajaya kec: Sungai Raya Kepulauan Kab: BENGKAYANG KALBAR. HP 081345068374 posisi tempat pembibitan saya di pinggir jalan lintas propinsi PONTIANAK SINGKAWANG
    mohon petunjuk BAPAK.

    • Yth. Pak Andi, terima kasih banyak telah berkunjung ke blog saya. Mengenai varietas PPKS 239, sampai saat ini masih dalam tahap perbanyakan benih, sehingga perlu waktu agak lama untuk mendapatkannya. Namun demikian, saya menyarankan Bapak untuk menggunakan varietas lainnya, seperti DxP Simalungun, dan DxP Yangambi. Secara garis genetik, DxP Yangambi dan DxP PPKS 239 masih memiliki hubungan yg sangat dekat, sehingga potensinya tidak jauh berbeda. Untuk menjadi peserta waralaba, syarat umum adalah (1) berpengalaman sebagai penangkar bibit, (2) memiliki dokumen TRUP dari Dinas Perkebunan setempat, (3) memiliki lahan utk pembibitan – dan Bapak sudah memilikinya di lokasi yg strategis, (4) memiliki jaminan untuk pembayaran, (5) bersedia mengikuti SOP Pembibitan yg telah ditetapkan. PPKS memiliki substasiun produksi kecambah di Desa Sosok, Parindu, Kabupaten Sanggau. Mungkin Bapak bisa mengontak Kepala Substasiun di sana (Bapak Yabani, 081264806639, 085261067413). Bapak juga bisa mengontak kantor pusat kami di Medan, Jl. Brigjen Katamso No.51 Medan 061-7862477 (u.p Ibu Renny Yuliasari, 081533874628). Salam sukses untuk Bapak..

  6. Yth. Pak Edi,

    Saya juga tertarik untuk menggunakan varietas dxp ppks 239 pada lahan perkebunan saya. Yang ingin saya tanyakan, kalau memang secara garis genetik dxp ppks 239 sangat dekat dengan dxp yangambi, apakah dxp yangambi jg memiliki karakteristik cepat berbuah dan produksi awal yang sangat tinggi seperti dxp ppks 239?

    Terimakasih atas sharing nya pak…

    Salam,
    Vera

    • Yth. Mbak Vera,

      Terima kasih atas pertanyaanya. Mohon maaf sekali karena saya sangat lambat untuk merespon pertanyaan Mbak. DxP PPKS 239 merupakan hasil persilangan dura (DA 128 D x LM 270 D) self x LM 239 T self. Dura untuk persilangan ini merupakan dura hasil seleksi siklus kedua, demikian juga pisifera LM 239 T self. DxP Yangambi yang dirilis pada tahun 1985 merupakan hasil seleksi program RRS siklus pertama. Dura yang digunakan untuk DxP Yangambi merupakan kombinasi dari berbagai lini dura. Untuk Pisifera digunakan kombinasi turunan LM 718 T, LM 432 T, dan LM 239 T. DxP Yangambi secara garis besar memiliki karakteristik cepat berbuah, tandan yang relatif besar, dan pertumbuhan meninggi dalam kategori sedang. Melalui proses seleksi di RRS siklus kedua, kami menemukan karakter DxP PPKS 239, dengan keunggulan di kandungan minyak dalam mesokarp, yang pd akhirnya meningkatkan produksi minyak.

  7. Salam kenal Pak Edy……
    Saya seorang petani sawit….. nama saya Agus.. kebetulan saya PNS di Lingkungan Dinas Kesehatan Sambas Kalimantan Barat …2 thn lalu tepatnya thn 2009 saya beli kecambah varietas Yangambi di Parindu 500 butir… sekarang tanamannya udah timbul bunga dan buah pasir…..rencana saya sy mau menanam sawit lagi dgn lahan sekitar 20 ha agak gambut…apakah bisa pak Varietas Yangambi atau Avros yg ada di Parindu bisa di tanam di daerah gambut….karna setahu saya yg cocok dilahan gambut itu adalah varietas Dumpy…sedang kan Dumpy kan hanya ada di kantor pusat Medan…rencana saya mau langsung aja ke Medan beli langsung ke sana….kira2 berapa harga kecambah dumpy sekarang pak?…apakah Varietas PPKS 540 bisa ditanam dilahan agak gambut dan berapa harganya?…dan terakhir bagaimana prosedur dan kelengkapan apa saja yg harus saya siap kan untuk beli kecambah disana….Banyak terima kasih sebelumnya….

    • Salam kenal juga, Mas Agus.Kami mengucapkan terima kasih karena Bapak menggunakan kecambah dari PPKS.

      Kami belum melakukan uji progeni untuk DxP Yangambi, DxP Avros, dan DxP SP1 (dumpy) secara spesifik di lahan gambut. Namun berdasarkan pengalaman beberapa pekebun yang sudah mencoba, dan menanam Dumpy di lahan gambut mendapatkan hasil yang memuaskan. Yangambi dan Avros dikenal memiliki adaptasi yang relatif luas untuk berbagai tipe lahan.

      Bila Bapak ingin membeli kecambah Dumpy, silakan Bapak mengontak ke Bagian Pemasaran Kecambah Kelapa Sawit di Jl. Brigjen Katamso No.51 Medan 20158. Telp 061-7862477 up. Ibu Renni Yuliasari (081533874628). Namun, karena keterbatasan pohon induk, produksi benih Dumpy sangat-sangat terbatas. Mudah2an Bapak berkenan memaklumi situasi kami. Prosedur pemesanan seperti biasa, menulis surat permintaan, pembayaran dilakukan di muka setelah mendapat konfirmasi ketersediaan, dan pengiriman akan dilakukan bila Bapak telah mendapat jadwal.

      Semoga Bapak selalu sukses dalam berkebun.

  8. Yth pak edy suprianto
    saya mau tanya kapan benih PPKS 239 bisa dipesan,dan bagaimana saya bisa mendapatkannya.
    Trim’s

    • Yth. Mas David,
      Sejauh yang saya tahu, produksi benih DxP PPKS 239 masih sangat terbatas. Karena saya saat ini sedang tugas belajar di Jerman, belum mengetahui secara pasti status produksinya. Namun demikian, Mas David bisa langsung mengontak Kantor Pusat PPKS Jl. Brigjen Katamso No.51 Medan 20158. Telp 061-7862477 up. Ibu Renni Yuliasari (081533874628).

      Terima kasih banyak sebelumnya.

  9. Salam kenal pak Edy,

    Saya adalah buruh pabrik di batam yg sudah bekerja 10 thn di batam. satu bulan lalu, saya sudah ambil keputusan untuk memulai berkebun sawit di kampung orang tua saya di Bkl dengan membeli lahan 6 hektar, dr hasil tabungan saya slm bekerja. pertanyaan saya untuk wilayah bengkulu, jika sy ingin membeli bibit sawit yang bagus dimana dapat saya beli ya pak..? dan berapa batang bibit yg ideal untuk masing2 1 hektar lahan ? trimakasih atas informasinya

    trimaksih sebelumnya

    -Arman-

    • Salam kenal juga, Pak Arman. Senang sekali mendengar Bapak berniat untuk memulai berkebun sawit.
      Mudah2an semuanya berjalan lancar ya, Pak. Keperluan bibit sawit untuk 1 ha adalah 180 bibit,
      dengan asumsi 135-138 bibit ditanam ke lapang, sisanya untuk sisipan bila ada bibit yang mati.
      Jadi keperluan untuk 6 ha sekitar 1080 bibit. Untuk bibit di Bengkulu, Pak Arman bisa coba menghubungi
      Bapak Eddy Sugiarto, Dinas Perkebunan Bengkulu di 0816390790, 081919224070. Pak eddy sugiarto ini
      kenal dengan penangkar bibit kelapa sawit resmi yang bermitra dengan PPKS.
      Untuk kontak dengan PPKS, bapak bisa lihat nomor teleponnya di kolom Tanya jawab seputar bibit sawit. Saya doakan Bapak sukses
      dengan kebun sawitnya.

  10. Yth,pa edy

    Salam kenal pa edy,… Nama saya Edy susanto,alamat saya di kalimantan Timur Kabupaten Berau (085246619959), saya bekerja di perkebunan kelapa sawit,saya membaca majalah trubus edisi 494, dimana saya tertarik dengan benih kelapa sawit varietas 239 . 128 D x 270 P,dengan waktu produksi hanya 2 tahun,kira kira dimana ya pa untuk mendapatkan/membeli bibit kelapa sawit varietas tersebut.

    terima kasih sebelumnya.

  11. Hallo Pak Edy

    Saya senang sekali bisa menemukan website ini.

    apakah ada pewaralaba PPKS di palembang? Saya mo menanam sawit di lahan palembang.. Bagaimana cara mengetahui bahwa pewaralaba yang mengaku mitra PPKS itu benar-benar pewaralaba PPKS..

    terimakasih.

    Salam

    Sunandar

    • Hallo Pak Sunandar,

      Untuk wilayah Palembang, Bapak bisa menghubungi Balit Sembawa di
      alamat berikut :

      Jl. Palembang – Betung Km. 29, Po Box. 1127 Banyuasin 30001, Sumatera Selatan Telp. (0711) 7439493 Fax. (0711) 7439282
      Contact person : Ibu Nancy (0812 712 0996)

      Email : irri-sbw@mdp.net.id, irri_sbw@yahoo.com
      Fax. (0711) 7439282 Email : irri-sbw@mdp.net.id, irri_sbw@yahoo.com

      PPKS memiliki kerjasama resmi dalam waralaba benih dengan Balit Sembawa. Saya menyarankan Bapak untuk membeli kecambah/bibit langsung dari Balit ini.

      Semoga sukses ya Pak..

      Salam

  12. salam kenal pak,
    saya taufik lokasi di kalsel
    kebetulan lokasi yang ingin di jadikan kebun sawit jenis alluvial, sehingga (menurutku) lebih cocok untuk jenis yang tidak terlalu tinggi ya .. namun tentunya tidak mengorbankan jumlah hasil/produktifitas
    kira-kira jenisnya yang mana? utk daerah seputar banjarmasin, dimana bisa didapatkan bibit/benih tersebut
    salam,

    • Salam kenal, pak Taufik.
      Curah hujan di wilayah Bapak bagaimana ya? Adakah musim kering yang ekstrim? Bila tidak ada musim kering yg nyata, saya menyarankan untuk menanam DxP Sungai Pancur 1 (Dumpy). Hanya saja, benih jenis ini sangat terbatas jumlahnya.

      Namun Bapak bisa juga menggunakan varietas DxP Lame (relatif kompak keragaannya), dan DxP Simalungun (daya adaptasinya relatif luas).

      Untuk informasi waralaba bibit sawit PPKS di Banjarmasin, mohon Bapak dapat menghubungi:
      Ibu Renni Yuliasari (Bagian Pemasaran PPKS ) di 081533874628.
      Atau dapat juga menghubungi kantor PPKS

      Jl. Brigjen Katamso No. 51 Medan 20158
      Telp : 061-7862477

  13. salam kenal kenal pak edy. saya abu azzam dari samarinda kaltim. benih sawit yg paling baik saat ini dari mana ya. krn saya uda tanya ke beberapa agen bibit sawit disamarinda. semuanya mengaku plg baik. cepat panen dan hasilnya byk. bibit yg ditawarkan ada lonsum , marihat dan mekar sari. terima kasih sebelumnya. wasallam

    • Salam kenal kembali, Pak Azzam. Semoga selalu sukses usahanya di Samarinda. Berkenaan dengan bibit sawit yang paling baik, ada beberapa kriteria yang perlu dipenuhi : (1) telah teruji dan hasilnya bagus; (2) diproduksi sesuai standar, (3) mutu benihnya baik, (4) memiliki sertifikat/dokumen keaslian benih. Secara umum, bibit sawit yg diproduksi oleh produsen benih di Indonesia telah memenuhi standard pelepasan varietas dan dapat diandalkan. Hanya mohon dipastikan bahwa bibit sawit yang dijual oleh agen tersebut memang benar2 berasal dari produsen benihnya. Bapak bisa tanyakan dokumen kelengkapannya (Daftar persilangan, DO, tanda terima benih). Silakan bapak memilih sesuai dengan preferensi Bapak. Berhubung saya peneliti dari PPKS Marihat yg terlibat langsung dalam pengujian, saya bisa mengatakan bahwa bibit dari kami juga dapat diandalkan. Bila bapak bertanya kpd peneliti2 dari Lonsum, Mekarsari dll, saya pikir jawabannya akan sama. Salam sukses untuk Bapak.

  14. salam kenal mas edy,saya zhaki dari kalbar kabupaten sekadau,mau tanya tentang ciri-ciri khas morfologi antara varietas avros dan yangambi,kebetulan kemarin saya juga sudah membeli butir kecambah dari ppks parindu,,hanya saja saya belum tau percis bagai mana ciri khas keduanya serta keunggulanya,,terimakasih

    • Salam kenal kembali, mas Zhaki. Saya mengucapkan terima kasih yg sebesar2nya karena Mas Zhaki telah membeli kecambah produksi PPKS. Secara umum, varietas AVROS memiliki karakter pertumbuhan vegetatif yang lebih cepat dibanding varietas Yangambi, batang yang lebih ramping. Sementara, varietas Yangambi memiliki pertumbuhan yang relatif lambat (70-80 cm/tahun, kategori B) dan batang yang relatif besar. Saat di pembibitan, belum terlalu signifikan perbedaannya. Namun demikian, Mas Zhaki bisa melakukan pembibitan dg mengelompokkan sesuai varietas. Dari sisi produksi TBS, berat tandan Yangambi lebih besar, namun jumlah tandan yang relatif lebih sedikit. Sebaliknya dengan AVROS. Tetapi secara kumulatif, produksi TBSnya relatif sama. Kedua varietas dikenal dengan rendemen yg tinggi dan daya adaptasi yg relatif luas. Saya doakan usaha kebun sawitnya berjalan sukses. Salam, edy

  15. salam kenal pak edy….
    nama saya budi , saya bekerja di Dinas kesehatan kabupaten berau…salah satu hoby saya adalah berkebun. Untuk tahap awal saya berencana membuka kebun sawit 3 hektar . Sebulan yang lalu saya mengajukan permohonan pembelian kecambah ke PPks medan sebanyak 400 butir .sebagai sarana ujicoba apakah akan dilayani dan bibit yang saya pesan setelah melewati perjalanan yang panjang akankah tetap utuh sampai kabupaten berau tempat saya tinggal. Ternyata ….10 hari kemudian ada surat dari PPKS tentang tanggal pengeluaran benih yang dikirim lewat JNE…..tapi lagi -lagi pak surat itu saya terima 4 hari setelah tanggal pengeluaran karena memang lokasi tempat tinggal saya di daerah terpencil sehingga saya gagal mendapatkan kecambah sawit….beberapa kali saya telpun bagian pemasaran tetapi jarang di angkat…tanggal 4 oktober 2012 saya mencoba mengirimkan permohonan pembelian kecambah PPKS sebanyak 600 biji dan saya kirim lewat email. dengan harapan agar cepat sampai dan saya berharap jika permohonan saya di tanggapi surat pemberitahuannya bisa dikirim lewat email saya…Bariyadi@ymail.com…sebelun dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

    • Salam kenal juga, pak Budi.

      Kebetulan saat ini saya sedang tugas belajar di luar negeri hingga tahun 2014 nanti. Tapi saya akan coba bantu menginformasikan ke Supervisor Pemasaran, Ibu Renny. Mungkin Pak Budi bisa telepon langsung ke Ibu Renni Yuliasari di 081533874628. Atau sebelumnya bisa coba untuk sms terlebih dahulu. Mudah2an bisa direspon dg cepat. Untuk permohonan kecambah yg baru, saya lebih menyarankanuntuk disampaikan kembali via faksimil ke kantor PPKS di no 061-7862488. Untuk komunikasi akan lebih cepat bila Bapak mencantumkan no Faksimil di kantor Bapak atau di
      warnet yang bisa digunakan, serta no telepon yg bisa dihubungi.

      Mudah2an Bapak tetap bersemangat untuk melalui proses yg panjang ini. Saya mengucapkan terima kasih yang sebanyak2nya atas minat Bapak menggunakan benih dari PPKS.
      Saya doakan usaha Bapak selalu sukses. Salam hormat, Edy.

  16. Salam hangat dari saya Hady Suseno di Kalimantan Tengah pak Edy.
    Saya pernah bekerja di Cargill Plantation di bidang Perkebunan Kelapa Sawit selama 10 Tahun (sekarang PNS) dari LC sampai dengan Panen, yang saya tanyakan ke Pak Edy dari semua varietas KS yang pernah Bapak amati/teliti adakah yg menonjol secara dominan dalam hal produksi TBS dibanding dengan yg lain. Secara pribadi dulu di perusahaan PMA tsb saya pernah menaman Socfindo, Costarica, Lonsum, Marihat, PNG, Dumpy.
    Demikian Terimakasih saya ucapkan atas atensinya, semoga Bapak sukses membawa ilmu bermanfaat dari Jerman untuk kemajuan bangsa ini.

  17. saya punya lahan kebun tanah berpasir..
    Dan saya ingin menanam sawit.
    Apa saran dan rekomendasi dari bapak jenis varietas yang cocok untuk tanah berpasir.
    Mohon pencerahan nya pak.

  18. Yth. Bapak Edy Suprianto…
    Salam kenal Pak, saya syahril dari Kotawarigin Barat (kal-teng) saya mau bertanya pak. pertama, apakah PPKS medan ada kerja sama dengan perusahaan2 sawit yang ada di kotawaringin barat seperti ASTRA atau yang lainnya, jika tidak ada mohon info bapak tentang alamat mitra resmi PPKS medan di Kotawaringin barat..dan yang kedua, bagai mana cara melihat atau mengetahui keaslian Bibit2 dari PPKS medan jika dilihat dari fisiknya mungkin ciri2 umumnya pak bisa dijelaskan,, atau keaslianya dapat di buktikan dengan cara2 lain, mohon penjelasan bapak. kebetulan saya baru mau mencari bibitnya pak dan teman saya menyarankan untuk membeli bibit di perusahaan tsb..saya sudah membeli dr perusahaan tsb pak untuk lahan saya seluas 2 Ha..mohon penjelasan dari bapak..terimakasih

  19. Cukup membantu blognya Mas…
    Ada satu pertanyaan….apa masih banyak dikembangkan burung hantu Tyto alba, seperti di Demak burung ini sudah menjadi milik komunitas dan menguntungkan masyarakat dari serangan hama tikus dan menjadi objek penelitian…

    Kedua….karena Mas Supri suka warna orange….maka untuk 7 Maret Ojo lali di nomor 1….dan mohon dukungan dan bantuanya.

    Wassalam,
    Sabirin

  20. ASS,
    Pak saya Nurul,saya ingin sekali bekerja di PKSS.Apa kah ada kesempatan bagi saya pak,
    saya bersedia di test pak,kemana saya menyerahkan lamaran saya pak?
    tolong pertimbangkan pak.saya akan bekerja keras pak.

  21. yth, pak edy, salam kenal sebelumnya,
    saya ingin bertanya tapi diluar konten dari varietas ini pak, saya ingin bertanya tentang bagaimana metode pemuliaan yang dilakukan PPKS untuk menghasilkan varietas marihat ( D x P 540), mohon di balas ya pak. terima kasih

  22. ass,,,,salam kenal. pak edy saya billy dari kab langkat kec kutambaru..saya mau bertanya pak edy,,,jika memiliki lahan yang miring jenis apa yang cocok untuk di tanam dan iuga jarak tanam nya? dan jika ingin membeli kecambah dalam jumlah kecil secara langsung ke ppks medan misal kan 250 butir apakah harus dengan persyaratan yang sudah di tentukan oleh ppks pak edy? saya mohon arahan nya pak edy,,,,,trmksh.

  23. Salam kenal pak edy…..
    nama saya hasan seorang petani sawit. pak..jika saya ingin membeli kecambah bibit sawit dampi berapakah minimal yang bisa di beli dan berapa harga perkecambahnya. jika saya datang ke PPKS kepada siapa saya harus berhubungan. terima kasih banyak sebelumnya pak. semoga semakin sukses dalam menuntut ilmu.

  24. Yth Bpk Edy Supriyanto
    Saya punya lahan tidur di areal KBK. rencana mau saya tanam Sawit….Apakah lahan KBK bisa menjadi lahan KBNK ya..??? sebab saya baru ingin membuka Kebun.. saya kawatir nantinya bermasalah.

  25. Salam kenal buat Bpk Edy S.

    Kebetulan saya baru bertanam kelapa sawit dan kecambahnya berasal dari PT. Astra yang merupakan waralaba dgn PPKS. Mohon info kira- kira rekomendasi pemupukan untuk kelapa sawit di kalteng khususnya di pangkalan bun berapa ya pa , terutama untuk TBM maupun TM, terima kasih.

    salam,

    anto S.

  26. AS SALAM, Saya dari Malaysia..ingin bertanya sedikit tentang sawit..jika ingin meracun serangga di pokok sawit ..kos dan bahanya bagaimana ye..

  27. Yth Pak EDI SUPRIANTO.
    Saya petani yang rencananya akan mengganti kebun sawit saya yg lama/diremajakan (Thn tanam 1992) karna hasilnya kurang baik akibat bibit yg gk bagus dan lahan yang akan saya remajakan ini kurang lebih 3 Ha, saya tertarik dengan Varietas Yangambi,
    Apakah ada penyalurnya utk daerah Jambi?
    bagai mana cara pemesanan kecambahnya, berapa jumlah kecambah yang harus dipesan, dan bagaimana proses pemesanannya?
    nama saya Tony Ricardo Manalu,alamat Kota Jambi HP 0852 66 786 133
    mohon petunjuk BAPAK,
    Tks.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s