Tentang PPKS

Visi dan Misi PPKS
Menjadi lembaga penelitian yang memegang peranan penting dalam pembangunan industri kelapa sawit Indonesia yang tangguh dan berkelanjutan melalui penyiapan paket teknologi yang mempunyai keunggulan kompetitif di pasar dalam dan luar negeri, merupakan visi PPKS ke depan. PPKS diharapkan menjadi centre of excellence yang dijadikan acuan dalam penentuan kebijakan pembangunan industri kelapa sawit. Sedangkan misi PPKS adalah menunjang industri kelapa sawit di Indonesia melalui penelitian dan pengembangan, serta pelayanan. Diharapkan melalui paket teknologi maupun pengembangan IPTEK yang dihasilkan, PPKS dapat menjadi motor penggerak (prime mover) bagi pengembangan industri perkebunan kelapa sawit di Indonesia.

Pusat Penelitian Kelapa Sawit

Jl. Brigjen Katamso No.51 Medan 20158
Telp. : 061-7862477
Fax. : 061-7862488
Website : http://www.iopri.org

28 thoughts on “Tentang PPKS

  1. Salam Kenal

    Apakah Saya boleh mengakses data standar produksi dan ciri-ciri penampakan tanaman yang telah tertanam untuk masing-masing bibit PPKS yang telah dikeluarkan oleh PPKS?

    Jika Boleh bagaimana caranya?

    Demikian Saya Sampaikan

    Hormat Saya Eka Wahyudin

    • Yth, Mas Eka

      Untuk standar produksi, Mas Eka bisa mengaksesnya. Kami pernah mempublikasikannya di International Oil Palm Conference 2010 yang lalu. Saya pikiri prosidingnya bisa Mas dapatkan di perpustakaan kantor kami di PPKS Medan Jl. brigjen katamso no.51 Medan 20158. Fax 061-7862488. Berhubung website kami masih tahap perbaikan, kami belum bisa menampilkannya secara online.

      Untuk karakteristik varietas PPKS, kami juga sudah menerbitkan bukus saku tentang varietas kelapa sawit. Buku ini juga mas bisa dapatkan melalui perpustakaan kami.

      Terima kasih banyak sebelumnya.

  2. pak saya mau tanya untuk umur tanaman 40 bulan standar produksinya menggunakan umur tanaman ke-3 atau ke-4 ya ? mulai produksi itu sebenarnya umur 30 bulan atau 31 bulan sejak tanam ?

    • Hallo Mas Risnandar, saya mohon maaf sekali karena sangat terlambat dalam merespon pertanyaannya. Untuk tanaman umur 40 bulan, biasanya kita memakai standar produksi umur 3 tahun. Kelapa sawit mulai produksi sejak umur 30 bulan setelah tanam. Untuk informasi lain ttg PPKS, mas silakan lihat website PPKS : http://www.iopri.org Salam hangat, edy

    • Berdasarkan pengalaman dan pengamatan kami, DxP Sungai Pancur 1 (Dumpy) memberikan hasil
      yang baik saat ditanam di lahan gambut. Keragaan dumpy yang relatif pendek dengan
      batang yg besar (tahan rebah) ditunjang ketersediaan air yang mencukupi di lahan gambut, memberikan hasil yang
      optimum. Dumpy menghadapi masalah produksi saat harus menghadapi situasi kekeringan yang panjang.

  3. assalamualaikum…
    Pak saya cuman punya lahan 10.000 m2 untuk beli cambah bisa enggak pak hanya untuk lahan tsb…

    • Wa’alaikum salam, pak Najarudin.
      di PPKS, kami melayani pembelian kecambah kelapa sawit
      untuk petani. Jadi tidak ada masalah bila Bapak ingin membeli
      kecambah 200 butir untuk keperluan tanam di tanah Bapak yang luasnya 10.000 m2.
      Silakan Bapak kontak di PPKS Marihat 0622 – 21926 untuk informasi lebih detail.
      Salam sukses untuk Bapak.

  4. assalamualaikum…….pak saya mau beli kecambh sawit di ppks utuk pembibitan yg nanti nya saya jual setelah jd bibit yg siap tanam.apa persaratanya pak

    • Wa’alaikum salam, pak Burhan. Mungkin yang Bapak maksud adalah waralaba pembibitan. Persyaratan umumnya adalah bapak memiliki pengalaman di bidang perbenihan, tersedia areal, memiliki tanda registrasi usaha perbenihan (TRUP) yg dikeluarkan oleh Disbun setempat, dan ada jaminan untuk pembayaran. Bapak bisa menghubungi PPKS melalui surat yg ke kantor PPKS Jl. Brigjen Katamso No. 51 Medan Fax 061 7862488. Untuk informasi lebih lanjut silakan bapak klik link berikut (ada brosur waralaba yang bisa di download) :

      http://www.iopri.org/waralaba.html

      Salam sukses untuk Bapak.

      • assalamualaikum pak, ini saya eriko hidayat pak, ini rencana mau penelitian pak tentang pengendalian ulat api, jadi pak kira2 pihak ppks ada jual ulat api sejenis setothosea asigna ada gak ya pak kira2…? dan sekalian bahannya juga pak yaitu jamur beauveria bassiana dan bakteri bacillus thringiensis kira ada gak ya pak kalau ada mohon di informasikan ke no.hp saya ya pak 081390203772……

  5. selamat malam pak
    saya mau membeli benih PPKS buat penelitian saya.
    saya hanya membutuhkan 40 – 50 benih.
    apakah saya bisa membeli benih ppks nya hanya 40-50 benih saja ?
    karena saya terkendala keungan jika membeli 1 bungkus yang harga nya sangat mahal.
    karena mw saya pakai buat penelitian di kampus saya.

    • Salam, Pak Manullang.
      Untuk kebutuhan penelitian, Bapak bisa membeli dengan kisaran 40-50 butir.
      Namun demikian, perlu dilengkapi dengan surat keterangan dari Kampus yang menjelaskan
      maksud pembelian untuk penelitian.

      Semoga sukses ya pak.

  6. Pak sy mau tnya varietas apa yg cocok untuk daerah berbukit ??bsa nggak pembelian kcambah itu dilengkapi dg bku ptunjuk pemeliharaan kbun shngga hsilnya maksimal,klau bsa tlg sertakan bku trsebut pd tnggal 1 maret karena tggl 1 mret sya akan mengambil pesanan bibit sya di ppks medan,,

  7. Ass.Wr.Wb. saya Bpk. Nurihan Bunaya. dari Bengkulu, mengirim surat yang diterima PPKS Medan tanggal, 27 maret 2013. Saya memesan bibit melaui teman ke PPKS medan yang sudah saya terima kecambah sawit tersebut tetapi ada keraguan saya sebagai berikut :
    1. Pada kecambah tulisan PPKS terhapus
    2.Dokumen pengiriman kop PPKS Medan tapi pada stempel basah tertulis Pusat Penelitia Karet
    Sembawa
    3.Contoh kecambah sawit dan dokomen pengiriman sudah sudah saya kirim ke PPKS medan.
    Yang menjadi pertanyaan saya tersebut adalah :
    1. Apakah kecambah sawit tersebut asli ?
    2. Apa ada kemungkinan kesalahan pemakaian stempel basah?
    3. Apakah PPKS Medan tidak melayani melalui surat kalau kita minta konfirmasi?
    mohon bantuan informasinya. Terima kasih.

    • Yth Pak Eldhan Mahesa,

      Terima kasih banyak sudah mampir ke blog saya. Saya mencoba menjawab semampu saya, karena saat ini saya sedang tugas belajar di luar Indonesia, sehingga tidak memahami secara detail situasi terakhir mengenai produksi kecambah di Medan. Untuk menjawab keraguan Bapak, ada beberapa dokumen yang perlu diperhatikan saat menerima/membeli kecambah dari PPKS, yaitu:

      1. Dokumen delivery order
      2. Dokumen daftar persilangan
      3. Dokumen Serah terima barang

      Apakah teman Bapak membeli kecambahnya langsung dari PPKS di Medan, atau melalui kantor Pusat Penelitian Karet di Sembawa? Bila dibeli langsung dari Medan, seluruh surat dipastikan berstempel PPKS Medan. Sebagai informasi, PPKS juga bekerja sama dg Puslit Karet Sembawa dalam produksi benih. Bila bapak sudah mengirimkan dokumen yang meragukan ke PPKS, saya yakin teman2 di PPKS akan membantu Bapak untuk memberikan jawaban dalam waktu dekat.

      Mengenai tulisan PPKS yg ada di kecambah, semestinya tidak terhapus karena kami menggunakan mesin dengan tinta khusus.

      Demikian informasi yang bisa saya sampaikan. Mohon maaf saya tidak bisa banyak membantu. Saya doakan semoga usaha berkebun Bapak sukses..

      Salam,
      edy

  8. pak saya sedang mencoba meneliti perkiraan umur kelapa sawit dipantau melalui satelit ikonos. Seandainya saya boleh bertanya, apakah memungkinkan memantau umur kelapa sawit melalui jumlah daun pelepah tinggi atau hal-hal yang berkaitan dengan ciri fisik? Mohon penjelasan lebih lanjut, terimakasih

  9. Ass pak edy,,pak saya mau tanya,,saya beli kecambah sawit dari ppks skarang sudah berumur 6 bulan,skarang banyak yang terserang jamur curvularia,sudah saya semprot dengan dithane akan tetapi belum juga sembuh.menurut bapak apa obat yang paling bagus/ampuh.terimah kasih pak

  10. Salam kenal Pak
    Saya mau mendapatkan CPO atau PFAD dari PPKS pak
    Bagaimana saya bisa mendapatkannya pak?
    Apakah perlu dibeli atau langsung bisa diambil pak?

  11. apakah ppks melayani pembelian perseorangan pak, gimana cara nya dan dari mana kita bisa mendapatkan faktur harga yang benar, yang saya dengar ppks tidak melayani pembelian pribadi, melainkan hy melayani cv dan pt saja. dan berapa batasan minimal pembelian minimalnya . terima kasih sebelumnya pak.

  12. selamat malam pak saya mau menanyakan apakah untuk pembelian 5000 kecambah bibit membutuhkan surat seperti trud????dan tolong info harga kecambahnya pak ???untuk variant di daerah jambi yang cocok apa ya pak ???terimakasi maaf menyita waktunya …

  13. Apakah ppks membuka kantor cabang di kabupaten mamuju utara prov. Sulawesi barat. Karena saya mau beli kecambah ppks melalu cabang mamuju utara.

  14. Salam Pak. Blog bapak sangat membantu saya dalam mencari bahan dalam menyusun skripsi🙂
    Pak saya ingin tanya, apakah bapak mengetahui standar tinggi, panjang daun, diameter batang dan lebar daun untuk kelapa sawit umur 9 bulan? Terimakasih sebelumnya🙂

  15. assalamkum Dan salam sejahtera..
    sya pengen tahu lebih banyak tentang PPKS Pak edy…hubungan nya dengan pemerintah, mill Dan estate swasta dan petani kecil.
    dimana sya bisa akses informasi yg sya inginkan ini Pak.
    terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s